1, My Address, My Street, New York City, NY, USA
ENVIRONMENTAL PROTECTION MANAGEMENT
Cerita Rakyat yang Terkenal di Pantai Air Manis Padang

Sumatera Barat terkenal dengan kekayaan alam yang masih asri. Banyak tempat wisata yang segar dipandang mata. Pantai salah satu icon wisata di Kota Padang. Pantai Air Manis ialah pantai dengan cerita rakyat yang terkenal dan terus diingat sampai hari ini.

Kisah Malin Kundang yang Terus Diingat

Malin kundang merupakan seorang anak yang dikutuk menjadi batu bersama kapalnya oleh sang ibu. Dia dikutuk karena tidak mengakui ibunya setelah menjadi kaya. Jadi Malin Kundang ini anak laki-laki tunggal yang miskin. Dia hanya tinggal ibunya.

Setelah tumbuh remaja, Malin Kundang meminta izin merantau untuk mengubah nasib. Meski awalnya berat, akhirnya sang ibu mengizinkan Malin untuk pergi. Ibunya mendoakan Malin agar sukses dan kembali dengan selamat.

Malin pergi dengan kapal, sialnya di atas kapal ia dibajak orang pembajak laut dan merampas semua orang yang ada dan barang berharganya. Malin dapat selamat dari perampokan itu, tetapi terkatung-katung di laut berhari-hari sampai akhirnya angin membawanya mendarat di sebuah pulau.

Di pulau inilah Malin berjuang menyambung hidup sampai menjadi saudagar kaya dan memiliki banyak kapal. Malin pun menikah dengan wanita dari keluarga kaya dan membuatnya menjadi semakin kaya. Suatu hari Malin berlayar dengan istrinya sampai bertahun-tahun dan ia pun singgah di pulau yang menjadi tempat kelahirannya.

Saat inilah Malin bertemu ibunya. Hari itu ibunya senang sekali Malin pulang dan ia bersegera untuk menyambut anaknya. Ternyata Malin lupa diri tidak mau mengakui ibu kandungnya. Malin yang kemudian akan pergi meninggalkan tanah kelahirannya, dihadang badai besar sampai menghancurkan kapal Malin Kundang. Lalu ia menjadi batu karena kutukan ibunya.

Pantai Air Manis yang Indah

Pantai ini masih rimbun dengan pohon kelapa. Cocok sekali untuk bersantai yang teduh sambil menikmati udara sore hari. Pantai yang tak hanya disenangi wisatawan lokal tetapi juga asing. Di pantai ini gak jauh dari Pulang Pisang.

Anda bisa berjalan kaki ke pulau itu dari pagi sampai sore hari karena airnya surut dan gelombangnya rendah. Seru sekali untuk menguji adrenalin. Tak hanya itu, di area pantai ini juga bisa menikmati pemandangan pulau kecil yang bernama Pisang Kecil. Jika pulang di sore hari dan air sudah naik bisa menggunakan perahu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa juga menyebrang pulau pisang dan mengelilinginya dengan perahu. Serunya lagi di pantai ini ada perahu motor. Anda bisa sampai ke Pulau sebelah yang tak jauh yaitu pulau Sukaik. Tidak perlu khawatir buat yang ingin menginap ada banyak hotel di dekat pantai Air Manis. Anda akan merasa nyaman karena selama di area pantai sudah ada fasilitas umum yang lengkap.

Area parkir juga luas sekali. Bahkan di tempat makannya juga ada banyak sekali. Jika Anda mendadak mandi dan basah tapi lupa bawa pakaian ganti bisa membelinya di gerai pakaian yang terjangkau harganya. Bagi yang suka berselancar juga bisa datang langsung karena ombak yang support sekali dan tentu cocok buat yang suka berselancar.

Apapun cerita rakyat yang ada kita hanya bisa menghargai dan menjaganya. Bagaimanapun akan selalu ada pesan moral di setiap cerita. Anda bisa datang ke tempat wisata ini kapanpun diinginkan dengan budget super murah dan puas. Anda bisa menjadikan ini destinasi bersama keluarga dan anak-anak saat berlibur ke Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *